Saturday, February 28, 2015

It's My Passion



SATU
Awal mula aku mengenal Oriflame adalah saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, saat kuliah, sekitar tahun 2000. Di kampus aku diperkenalkan kosmetik Oriflame oleh temanku. Saat itu aku belum menjadi member, hanya sekedar mengunakan saja, karena memang produk Oriflame cocok dengan kulit kita sebagai orang Asia. 

Dan memang menggunakan produk Oriflame tidak hanya sekedar bertujuan LOOK BEAUTY tapi juga LOOK GREAT, yaitu tidak sekedar menjadi diri kita menjadi cantik, tapi juga menjadi sehat.




DUA
Pada tahun 2006 aku meniti karir sebagai karyawan di perusahaan PMA di kota Batam. Perusahaan Modal Asing dari Jepang ini banyak mendobrak mental dan kedisiplinan kita. Saat itu banyak sekali waktu kosong terutama saat hari libur sabtu dan minggu, karena aku jauh dari keluarga yang tinggal di kota Surabaya, sejauh 2000 km.

Jadi saat libur sabtu dan minggu selain digunakan untuk hang-out dan jalan-jalan aku juga gunakan untuk belajar bisnis. Tapi bisnis apa yang cocok dan gampang buat aku yang notabene adalah sebagai karyawan swasta.

Dan kebetulan saat itu ada temanku yang memperkenalkan bisnis Oriflame. Jadi Oriflame selain membuat kita menjadi LOOK GREAT juga mempunyai motto lain, yaitu MAKE MONEY. Nah, ini bisnis yang cocok. Simple dan gampang. Saat itu aku langsung menjadi member Oriflame. Itu artinya 6 tahun setelah pertama mengenal Oriflame aku baru menjadi member. Telat banget ya.

Keuntungan yang sangat jelas di depan mata adalah Belanja Hemat. Karena sebagai pemakai produk Oriflame maka kita akan mendapatkan diskon khusus saat membeli produk Oriflame. Sayangnya, saat itu mungkin karena tidak terlalu fokus, tidak pernah melakukan saran dari upline, dan jarang berinteraksi dengan komunitas grup Oriflame akhirnya bisnis tinggalah bisnis, alias jalan di tempat.






TIGA
Hidup berjauhan dengan keluarga memang ada plus minusnya. Cuman jika dihitung-hitung lebih banyak minusnya. Tentunya masing-masing individu punya pertimbangan yang berbeda-beda. Akhirnya tahun 2010 aku memutuskan untuk kembali ke tanah Jawa dan memulai karir dan pekerjaan lagi di perusahaan swasta lainnya. Selain bekerja kantoran aku juga coba mempunyai usaha sampingan. Karena mumpung masih muda kita harus menghabiskan waktu sebaik-baiknya.


Usaha sampingan aku mulai dari membuka Online Shop via internet, yang sebenarnya selama 6 bulan berjalan cukup sukses. Karena di usia semuda itu aku berhasil menjual dan melakukan pengiriman ke 8 pulau (Bali, Bangka-Belitung, Batam, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi dan Sumatera), duapuluh (20) propinsi dan 60 kota.


Selain itu juga aku juga mempunyai loket listrik yang menyediakan transaksi seperti pembayaran listrik, air, telepon dan pulsa.
Kedua usaha yang bisa dibilang berjalan dan cukup berhasil, namun rasanya ada yang tidak pas, rasanya kurang greget. Mungkin tidak sesuai dengan passion-ku.

Lalu tiba-tiba, sahabatku Nita menawarkan untuk menjadi entrepeurship dengan menjadi member Oriflame dan berbisnis dalam naungan grup SimpleBiznet. Namun dikarenakan aku sebelumnya telah menjadi member Oriflame tapi di grup yang lain, sehingga aku harus sabar selama 1 tahun menahan hingga keanggotaanku hangus, sehingga bisa mendaftar kembali menjadi member Oriflame di grup yang sama dengan Nita

Enam sepertinya menjadi angka yang keramat sepertinya. Karena akhirnya tahun 2012 aku re-born, aku menjadi member Oriflame kembali.



EMPAT
Berbeda saat menjadi member Oriflame tahun 2006, meski sudah ada niatan berbisnis, namun mungkin karena waktu itu kurangnya support dari grup dan upline, sehingga kurang optimal. Kali ini saat menjadi member Oriflame dengan naungan upline di grup SimpleBiznet, aku benar-benar dibimbing dengan baik.

Secara latar pendidikan aku yang lulusan dari kampus jurusan teknik, memang harus punya komitmen yang luar biasa untuk berkecimpung di dunia entrepeneurship. Secara aku lebih suka menggunakan logika dan perhitungan harus mendalami dunia marketing.


Namun berkat Succes Plan yang diberikan melalui SimpleMap, melalui tutorial yang diberi hampir tiap minggu, akhirnya aku dapat meniti jenjang karir Oriflame.



Dimulai sebagai Independent Consultant pada November 2012, lalu sebagai Manager pada Juni 2013, kemudian sebagai Senior Manager pada Januari 2014, dan akhirnya saat ini aku mendapat title baru yaitu sebagai Director pada Maret 2015.

Di Oriflame dalam grup SimpleBiznet bukanlah sekedar pekerjaan, tapi aku merasa ini lah karir, aku rasanya menemukan siapa jati diriku. Rasanya aku telah menemukan passion-ku. Passion is the energy that comes from you and bringing more of you into what you do.

Karena aku merasa,  I do love what i do. That's the point, dan untuk meninggalkannya, selalu ada rasa berat di hati. Selalu ada rasa lagi dan ingin lagi.

It's my passion.







Come together we can hold it in our hands 
And forever united, we will stand