Sunday, February 14, 2016

Dare to Dream Big

by Merry Riana
Berani Bermimpi Besar

Jika Dirsem 2014 lalu yang aku ikuti motivatornya adalah Tung Desem Waringin, maka Dirsem 2016 ini dikasih kejutaaaan dihadirkan Merry Riana di Director Seminar 2016.



Merry Riana adalah pengusaha, penulis dan motivator dari Indonesia yang berdomisili di Singapura. Buku yang diterbitkan Merry Riana adalah buku berjudul A Gift From a Friend pada tahun 2006 yang berisi pengalaman dan latar belakang dirinya hidup di Singapura yang bercerita mengenai prestasinya menghasilkan S$ 1.000.000 pada usia 26 tahun.

Tahun 1998 Merry Riana menjadi mahasiswi Nanyang Technological University dengan berhutang sebanyak S$ 40.000. Namun 9 tahun kemudian Merry Riana sukses dan profilnya muncul di artikel The Strait Times pada tanggal 28 Januari 2007 pukul  08.46, yang berjudul "She's made her first million at just age 26" ("Ia mencapai satu juta dolar pertamanya di usia 26 tahun").

Kali ini Merry Riana membagikan tips suksesnya.

1. Dream Big

Nyatakan mimpi besarmu. Untuk itu kamu harus siap berbeda secara fisik, cara pandang dan kepercayaan diri. Kita juga harus siap berhenti, yaitu berhenti untuk menyalahkan diri dan berhenti menyalahkan keadaan. Segeralah membuat mimpi sejuta dollar anda mulai sekarang selagi masih bisa dan selagi masih ada.


2. Pay Now Play Later

Ada harga yang harus dibayarkan untuk mencapai kesuksesan. Misalnya berupa fokus, komitmen, waktu dan tentunya kerja keras. Whats doesnt kill you, makes you stronger. Jadi jika ingin serius dan mau sukses, maka jangan jadi orang cengeng, baru ditegur aja dan ditolak 1x saja langsung menyerah. Untuk itu kita harus
- kuatkan pikiran
- kuatkan hati
- kuatkan iman

Sehingga kita bisa menjadi pribadi yang kuat dengan mengkuatkan pikiran dan selalu isi hati dengan hal yang positif. Dan yang perlu dicamkan dalam hati adalah antara bertahan dengan berjuang itu berbeda. Analoginya seperti orang yang bertinju, mau strategi defense atau menyerang.



Hidup itu tidak mudah. Jika kita lembek terhadap diri kita maka hidup akan terasa keras. Namun jika kita keras terhadap diri kita sendiri maka hidup akan terasa lunak.

Untuk mendapatkan sesuatu yang besar, tidak harus memulai dengan yang besar. Langkah-langkah kecil tapi selalu dilakukan dengan konsisten maka akan menghasilkan sesuatu yang besar. Lakukan hal yang kecil dengan jiwa yang besar apabila kita tidak bisa melakukan hal yang besar.

Kerja keras pasti akan membawa hasil, kapan hasil dan kesuksesan itu hanyalah masalah waktu. Hidup adalah perjuangan, untuk itu perlu diperjuangkan. Hidup adalah tantangan untuk itu perlu dihadapi.

Kunci untuk membuka potensi diri kita adalah ketekunan berusaha bukan kekuatan atau kecerdasan.


3. Change Perspective

Misalkan ada sebuah gelas yang diisi dengan setengah air. Sebagian orang akann bilang bahwa gelas tersebut berisi setengah gelas. Tapi dengan cara berpikir dan dengan cara pandang yang berbeda, maka sebenarnya gelas tersebut ternyata sngat penuh, yaitu penuh oleh 2 unsur yaitu udara dan air.

Jadi jangan pernah menganggap remeh diri sendiri. Hindari dan hilangkan berkata

saya hanya
saya hanya

Mulai sekarang diubah menjadi

justru karena saya
justru karena saya

Kuncinya ubah cara pandang


4. Be Flexible

Kita harus punya cara, kita harus punya strategi. Namun jika terus melakukan hal yang sama maka hasilnya pun akan sama. Untuk itu perlu ada satu perubahan kecil yang nantinya akan memberikan dampak yang jauh berbeda. Orang yang bekerja keras akan menciptakan keberuntungan bagi dirinya sendiri.

Ubah strategi untuk mendapat hasil berbeda. Jika punya mimpi belum kesampaian, jangan ubah mimpinya, tapi ubah strateginya.


5. Be Possible

Berani lah untuk bayar harga kesuksesan. Kerja keras akan selalu membuahkan hasil, hanya tunggu waktunya. Jadi lebih baik gagal dalam perjuangan daripada tidak pernah mencoba.

Dari hati turun ke kaki. Mimpi itu jika belum turun ke hati pasti tidak akan bisa turun ke kaki. Dan jika tidak turun ke kaki maka kaki tidak akan bisa bergerak. Jika kita berani bermimpi besar, maka sudah sepatutnya komitmen dan semangat harus jauh lebih besar lagi.

Kita harus bertanya pada diri sendiri, seberapa penting sih impian anda? Jika memang penting maka kita akan lebih banyak cari jalan, bukannya cari banyak alasan.

1000 orang bilang tidak bisa itu biasa, tapi jika diri kita sendiri bilang tidak bisa, saat itulah kita binasa.


6. Faith


7. Be Grateful



Kunci untuk membuka potensi diri kita adalah ketekunan berusaha bukan kekuatan atau kecerdasan
- Merry Riana -