Wednesday, March 15, 2017

Mengatur Waktu ala Mimi

Nama : Mimi
Pekerjaan :
Karyawan
Pebisnis Oriflame
Orang tua

Banyak yaaa pekerjaannya :)
Kalau di hari sekolah biasa, tidak ada masalah dengan pengaturan waktu.
Dari kecil, mimi terbiasa dengan didikan papa mama soal waktu, mulai dari bangun tidur, jam sarapan, jam belajar sampai jam tidur malam pun ada ritmenya.

Alhamdulillah cocok dengan pipi juga, jadi ketika punya anak, kebiasaan itu berlanjut. Bangun pagi, sarapan pagi, jam belajar dan jam malam pun dibentuk dari mereka bayi.

Nah, saat anak anak SD seperti sekarang, musim ujian tentu jadi PR tersendiri buat mimi. Karena ada waktu-waktu yang harus disediakan lebih untuk jam belajar.

Berhubung mimi berstatus karyawan, jam yang tersisa tentunya lebih sedikit dibanding mama-mama yang lainnya, sehingga harus pinter-pinter nih mengatur waktu.
Sedikit tips dari mimi (berdasarkan pengalaman pribadi) adalah sebagai berikut :

1. Kosongkan jadwal
Biasanya di awal semester akan dapat kisi-kisi jadwal pelajaran, nah diperhatikanlah kapan jadwal UTS, kapan UAS. Jadi ketika akan bikin jadwal event offline misalnya, tidak mengambil di weekend yang senin nya ujian. Jauh hari juga info ke jaringan, bahwa anak ujian, jadi tidak ada jadwal ke kantor cabang.

2. Kerjasama dengan suami
Belajar jadi tanggung jawab orang tua bersama, jadi mimi dan pipi berbagi tugas untuk mengajari anak-anak. Si kakak belajar bareng pipi, karena pelajarannya sudah kompleks, dan kakak ini paling suka nanya sampai detail (*miminya kuatir ga bisa jawab :)))) ). Sedangkan si adik belajar bareng mimi. Jadi dalam satu waktu dua anak ini bisa belajar bersama dan nanti selesainya pun bersama.

3. Buat rencana belajar
Kalau ini sih ide pipinya yang emang orangnya rapi sekali :) jadi anak-anak diajak membuat jadwal belajarnya sendiri. Diskusi jam berapa belajar dan apa yang dipelajari. Bagian ini penting sekali karena mereka harus mandiri belajarnya disaat mimi pipinya kerja. Jadi kita bikin nih mau belajar jam berapa aja saat mimi masih dikantor, misal jam 12.00 dan jam 15.00, masing-masing 45 - 60 menit saja.

Lalu tanya deh ke anak, mau belajar apa, misal jam 12.00 belajar IPA, jam 15.00 ny belajar Basa Jawa. Dicatat di kertas, dibuat tabel gitu dan ditempel di meja belajar masing-masing.
Kalau untuk jadwal belajar malam, mengikuti hari-hari biasanya, jam 18.00 televisi dimatikan, naik kekamar dan belajar sampai nanti waktunya tidur. Jadi jadwal untuk kerja Oriflame mimi dimalam hari tidak terganggu, tetap 20.45 seperti biasa (yang ini sudah dihafal banget sama downline). Kalau belum 20.45, jangan mengharap fast responnya mimi :)))

Nah begitu jadwal selesai dibuat, tugas berikutnya adalah membuat list materi untuk bekal mereka belajar besoknya. Mimi nya kalau ini ikut belajarlah akhirnya, baca buku pelajaran, resume materinya, tandain mana yang harus dibaca dan mana yang harus dikerjakan. Biasanya mimi pakai post it untuk nandain halamannya. Besok paginya tinggal info ke anak, ini materi yang harus dipelajari nanti di jam belajar siangnya.

4. Gunakan komunikasi via media sosial
Perkembangan media komunikasi saat ini sangat membantu proses belajar mengajar. Anak-anak memang tidak dibiasakan membawa gadget saat sekolah, begitupun kalau dirumah, jam main game via tablet hanya di weekend saja. Tapi untuk komunikasi, mimi sediakan medianya sehingga setiap saat mereka bisa hubungi mimi pipinya. Misal, kalau ada PR yang tidak bisa, maka anak-anak bisa langsung tanya. Atau kalau ada tugas yang butuh beli apa, mereka langsung bisa info sehingga mimi pipinya pulang kerja bisa langsung carikan.

Di masa ujian, media komunikasi juga bermanfaat sekali untuk mengingatkan jam belajar :) Si adik nih terutama, dari awal ujian sudah pesan “mimi, nanti waktu jam belajar, tolong ingatkan adik ya, biar adik ga lupa”. Bahagia yaa dapat pesan seperti itu, artinya adik sudah paham tanggung jawab belajarnya :)

====
Itulah 4 poin tips praktis yang biasa mimi lakukan dimusim ujian anak-anak. Tidak berpengaruh banyak terhadap jadwal mimi, kecuali harus belajar materi dan pulang ontime saja :)
Semoga sharing ini bermanfaat ya